Kebiasaan Jajan di Luar Rumah Bisa Munculkan Bibit Kanker

Senyawa kimia yang masuk ke perut lewat makanan jadi salah satu faktor penyebab kanker paling tinggi.

Kanker baru akan terdeteksi pada usia 50-an, ketika daya tahan tubuh penggemar jajan di luar makin melemah.

tirto.id – Ada resiko terkena kanker yang lebih tinggi bagi seseorang yang punya kebiasaan jajan di luar rumah. Jajanan-jajanan tersebut, menurut dr. Toto Imam Soeparmono, SPoG, K. Onk, konsultan kanker kandungan di Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta, mengandung banyak bahan kimia berbahaya jika menumpuk banyak di tubuh.

“Kalau membeli makanan di luar, misalnya bakso, disitu bisa jadi banyak bahan kimia yang digunakan, mulai dari boraks, terus penggunaan zat warna pada saosnya, lalu juga micin. Semua bahan kimia itu bisa memicu kanker,” kata Toto di Jakarta, Sabtu (19/8/2017) kepada Antara.

Toto menambahkan, senyawa kimia yang masuk ke dalam perut melalui makanan menjadi salah satu faktor lingkungan yang risiko paling tinggi seseorang terkena kanker.

Toto mengatakan kanker tersebut tidak langsung muncul dan terdeteksi, namun ketika seseorang berusia 50 tahun ke atas atau saat kondisi daya tahan tubuhnya semakin lemah.

Selain itu, ia menambahkan, virus yang ditularkan melalui hubungan seks juga dapat memicu timbulnya kanker, oleh karena itu penting bagi pasangan menjaga kebersihan sebelum melakukan hubungan seks.

Faktor lingkungan lain adalah paparan radiasi dari telepon genggam, komputer jinjing atau gawai lain yang memancarkan radiasi, juga menjadi faktor penyebab kanker.

“Makanya kalau telepon jangan terlalu lama. Banyak pengetahuan menyampaikan bahaya radiasi telepon genggam. Penderita kanker otak sekarang juga makin banyak,” pungkas Toto.

Baca juga artikel terkait KANKER atau tulisan menarik lainnya Akhmad Muawal Hasan 

(tirto.id – awa/awa)
(Artikel asli: link)

Photo/Illustration: Tirto.Id

Tirto.Id | Akhmad Muawal Hasan

Diterbitkan: 19 Agustus, 2017

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s