Hati-hati, Ngemil di Malam Hari Bisa Picu Keriput dan Flek Hitam

Apakah kamu termasuk orang yang gemar ngemil di malam hari? Entah menyantap semangkuk eskrim atau mengunyah tiga potong tahu bulat yang baru saja kamu beli dari mobil depan rumah.

Banyak yang bilang, ngemil di malam hari bisa membuat tubuh jadi semakin gemuk. Namun tahukah kamu, bahwa ngemil di malam hari ternyata juga bisa berdampak buruk bagi kulit?

Fakta ini diperoleh dari studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Texas Southwestern Medical Center yang berbasis di Dallas. Sebuah percobaan dilakukan untuk menguji perubahan yang terjadi pada tubuh dan kulit akibat pola makan yang salah.

Pada tikus yang jadi objek penelitian, ngemil pada malam hari ternyata mempengaruhi jam biologis tubuh dan menimbulkan masalah pada kulitnya. Tikus tersebut dibagi dalam dua kelompok. Kelompok yang pertama diberi makanan pada jam normal, sedangkan yang kedua justru sebaliknya.

Hasilnya?
Kulit tikus yang diberi makanan dan cemilan pada malam hari cenderung bermasalah (keriput dan bulu rontok) karena tak mampu menahan paparan sinar UVB di siang hari.
gyf0zszrx8wtpp678wjg
Ngemil sebabkan keriput (Foto: Thinkstock)
Para peneliti percaya, hal ini terjadi karena grup A xeroderma pigmentosum (XPA), enzim yang berguna memperbaiki kerusakan enzim akibat sinar UV, mendadak lemah karena pola makan yang salah.
“Penemuan ini mengejutkan,” ujar Joseph S. Takahashi, ketua departemen neuroscience dan investigator dari Howard Hughes Medical Institute di UT Southwestern Medical Center. “Sebelumnya, aku berpikir bahwa kulit sama sekali tak ada hubungannya dengan pola makan kita,” tuturnya lagi.
“Pola tidur yang terganggu secara signifikan bisa mempengaruhi kondisi kulit kita, tapi ini studi pertama yang mengemukakan bahwa pola makan yang abnormal bisa memberi dampak buruk yang sama terhadap kulit,” tuturnya lagi.
Jadi, jika tak ingin cepat keriput dan muncul flek hitam pada kulit, kurangi kebiasaan ngemil di malam hari, ya! Jangan lupa juga untuk selalu mengenakan suncreen atau tabir surya sebelum keluar rumah.
(Artikel asli: link)

Photo/Illustration: Herson Rodriguez via StockSnap.io

Kumparan | Writer: Andari Novianti, Reporter: Stephanie Elia

Diterbitkan: Selasa, 22 Agustus 2017 – 15:05

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s