Tidur yang Cukup Bantu Seseorang Turunkan Berat Badan Lebih Efektif

Selama ini, kebanyakan orang lebih memprioritaskan mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga demi menjaga berat badan. Padahal selain kedua hal tersebut, ada hal lain yang lebih penting dalam mempertahankan berat badan yang ideal.
Kamu mungkin tak pernah mengira jika tidur termasuk ke dalam penentu berat badan ideal. Dilansir The Daily Meal, mendapatkan kualitas tidur yang cukup bisa membantu seseorang dalam mendapatkan tubuh langsing sempurna.
Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan pada The Lancet, tidur merupakan hal yang krusial untuk menjaga fungsi metabolisme dan kestabilan hormon seseorang. Hormon dan metabolisme sejatinya mempunyai peran yang penting dalam kesehatan seseorang dalam mencegah diabetes ataupun risiko penyakit jantung.
Penelitian ini juga menunjukkan bahwa peserta yang tidurnya terganggu akan mengalami peningkatan hormon stres serta dibarengi dengan penurunan metabolisme mereka.
Tak berhenti sampai di situ, penelitian lain juga menunjukkan jika kualitas tidur yang buruk bisa menyebabkan penurunan leptin, sebuah hormon yang bertanggung jawab pada regulasi lemak tubuh. Hasil lain pun menyebutkan hal ini bisa berdampak pada peningkatan ghrelin, hormon yang bisa meningkatkan nafsu makan seseorang.
ptmavdrgunkkzhh1ijgl
Ilustrasi tidur. (Foto: Pixabay)
Rasa capek akan melanda siapa saja yang tak mendapatkan tidur yang cukup. Tubuh akan merasa stres akibat rasa capek yang dirasakan dan kemudian otak akan mengirimkan sinyal-sinyal ke seluruh tubuh untuk menyantap makanan yang lebih banyak sehingga peningkatan berat badan pun tak bisa dihindari.
Gaya hidup sehat tak akan berjalan sempurna jika tidak diimbangi dengan tidur yang cukup. Oleh karena itu, tidur sesuai waktunya juga perlu kamu terapkan dalam mendapatkan bentuk badan yang ideal.
Lantas, bagaimana cara menerapkan diet tidur yang benar?
Kamu hanya perlu mengatur waktu tidurmu secara konsisten. Tentukan berapa lama waktu tidur yang kamu butuhkan. Lakukan cara ini pada seminggu pertama dengan tidak merusak waktu tidurmu.
Konsisten mungkin menjadi hal yang tersulit, namun jika kamu mendasari hal ini dengan niat dan tekad yang besar maka waktu tidur kamu tak akan terganggu.
(Artikel asli: link)

Photo/Illustration: Jay Mantri via StockSnap.id

Kumparan | Andari Novianti, Intan Kemala Sari, Luthfa Nurrida

Diterbitkan: 22 Agustus 2017 -10.33


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s